Webinar Penguatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar SLTA/ SMK di Kab. Penajam Paser Utara

Ppu,Lensaborneo.id– Untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan bela Negara, di kalangan para pelajar, Badan Kesatuan Politik ( Kesbangpol ) Kaltim bekerjasama dengan Kesbangpol Kab PPU dan SLTA N I / SMK N 2 di PPU melaksanakan Webinar Penguatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan melalui media Zoom Meeting. Acara diikuti sekitar 300 peserta dari seluruh siswa dan perwakilan para Guru dari masing-masing sekolah di PPU. Webinar dilaksanakan secara daring dengan Narasumber Bapak Syafruddin Pernyata. Pada Kamis (02/09/2021 ),

Ketika di konfirmasi lewat jaringan seluler Kepala bidang Politik dalam Negeri Ahmad Firdaus Kurniawan Firdaus, pada Minggu ( 05/09/2021), oleh media ini, Ia mengatakan bahwa kegiatan yang di lakukan dengan zoom meting tersebut di hadiri kurang lebih 300 peserta untuk  Tingkat SLTA dan SMK N 2 di Penajam Paser Utara.

Ia mengatakan bahwa sudah ada beberapa kabupaten yang mewakili para pelajar mengikuti kegiatan ini, dengan harapan kegiatan ini bisa kembali di sampaikan kepada pelajar yang lain, tentang bagaimana pentingnya sebuah bela Negara.

Di katakan Firdaus, tingginya arus Globalisasi dan memudahkan para pelajar mencari informasi melalui Internet,  tentang Negara Luar, sementara  Negara sendiri kurang mereka dapatkan, sehingga bisa melunturkan rasa cinta tanai air dan bela Negara, oleh sebab itu, melalui kegiatan ini di ingatkan kembali , kepada para pelajar tentang pentingnya meningkatkan  rasa cinta tanah air dan bela Negara.

 “ Perlu di ingat bagaimana perjuangan bangsa Indonesia dan pentingnya meningkatkan rasa cinta tanah air dan bela Negara, Itulah inti dari kesbangpol melakukan sosialisasi ini kepada para pelajar walaupun hanya melalui webinar mengingat saat ini kondisi masih dalam PPK,” Ungkap Firdaus. Mewakili Kesbangpol Kaltim, dan juga sebagai moderator pada acara webinar tersebut.

Wawasan kebangsaan penting bagi kita karena merupakan bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu dan berdaya saing, serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap Tanah Air. Sesuai Permendagri Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

 Wawasan Kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya, yang didasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan nasional, Dengan semakin kuat dan kokohnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan, diharapkan dapat menjadi benteng kokoh dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari berbagai pengaruh, utamanya perkembangan teknologi dan informasi yang tidak dapat kita hindari.

Sementara itu, narasumber dari Bakesbangpol Provinsi Kaltim, Drs. Syafrudin Pernyata dalam materinya mengatakan, dengan membentuk generasi muda yang memiliki wawasan kebangsaan, mereka bisa terus berbuat baik dan mampu mempertahankan nilai kebangsaannya.

Meski perkembangan Teknologi Informasi terus berkembang dan berubah dengan pesat, tetapi generasi muda diharapkan tetap bisa mempertahankan akhlak baik yang sesuai dengan nilai-nilai ketimuran.

Mengingat generasi muda di era globalisasi saat ini, harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi melalui pemahaman kebangsaan dan sebagai Warga Negara Indonesia haruslah mempunyai rasa nasionalisme terhadap tanah air Indonesia.( Or )

Sumber : Kesbangpol Kaltim

Editor     : Ony

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *