Tuntut Uang Kuliah Gratis, Mahasiswa Unmul Geruduk Rektorat

Redaksi: 02

Reporter: Samuel

Lensaborneo.id — Puluhan Mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa melancarkan aksi didepan Rektorat pada Selasa (12/1/2021). Aksi ini disebut dilancarkan dalam rangka menutut di gratiskannya Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Aksi mahasiswa yang berlangsung didepan kantor rektorat

“Kami ingin agar ini digratiskan, untuk apa dibayarkan kalau pengunaannya juga tidak maksimal,” ucap Presiden BEM FISIP Unmul, Iksan Nopardi saat diwawancarai, Selasa (12/1/2021).

Ditengah gempuran pandemi yang berdampak pada sektor ekonomi, Iksan menilai pungutan UKT dilakukan tidak tepat. Ia menilai orang tua Mahasiswa diberatkan, apalagi angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Bumi Etam terhitung tinggi.

“Secara nasional itu ada 3 Juta pekerja yang di PHK, belum lagi di Kaltim, itu mempersulit kondisi orangtua mahasiswa untuk membayar biaya wajib pendidikan anaknya,” tegas Iksan.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Unmul, Iksan Nopardi 

Humas Aksi Kholis juga menyinggung adanya pungutan Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) yang dilakukan oleh beberapa Fakultas. Padahal, dalam masa pandemi ini, ia menyebut seharusnya Unmul menghentikan dahulu proyek pembangunan, dan fokus memikirkan nasib Mahasiswa.

Kholis membeberkan bahwa Unmul harus membuka atau memiliki transparansi anggaran. Agar publik bisa menilai tepat tidaknya pengunaan anggaran yang selama ini dilakukan kampus studi tropis tersebut.

“Kita dalam situasi gawat sekarang, Covid-19 ga ngelihat siapa yang kaya atau miskin, semua terdampak secara menyuluruh dan Unmul harus peka soal itu,” ucap Kholis

Humas Aksi, Kholis

Korlap Aksi Dandi mengatakan bahwa massa aksi akan melakukan long march mengelilingi Jalan Pramuka – M.Yamin hingga ke rektorat.

Dandi mengatakan aksi ini dilakukan untuk mengajak masyarakat peduli terhadap uang kuliah Mahasiswa.

“Kita juga menghimbau massa aksi agar menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai kritik yang kita lancarkan terhambat karena itu,” pungkasnya.

Korlap Aksi, Dandi

Sebagai tambahan, massa aksi diketahui membawa 4 tuntutan. 4 tuntutan tersebut adalah:
1. Menolak SK Rektor No. 02/KU/2021
2. Menggratiskan UKT di Semester Genap
3. Transparansi anggaran Universitas Mulawarman
4. Menolak Penerapan Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) di Universitas Mulawarman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *