Mobile PCR Di Samarinda, Resmi Beroperasi  Berkala di Tiap Kecamatan

Sala satu Lurah lakukan Tes Swab yang hasilnya Negativ

Penulis : Ony

Editor  : Redaksi

Samarinda,Lensaborneo.id—Di Akhir Masa jabatan sebagai Walikota Samarinda, Syahaari Jaang, kembali menyerahkan Laboraturium berjalan berupa 1 Unit Mobil PCR dan 4 buah Ambulans, acara seremonial penyerahan bantuan 4 Mobil Ambulance dan 1 unita Mobile PCR ( Polymerase Chain Reaction ), dan sekaligus di lakukan pemeriksan Swab di tempat, hasilnya langusung di ketahui, berlangsung di halaman Parkir rumah jabatan Walikota Samarinda, pada Selasa ( 27/10/2020 ).

Satu unit mobil PCR merupakan bantuan dari Pemerintah dari dana APBD, yang merupakan alat untuk memutus mata rantai Covid-19 di Kota Samarinda, karena Samarinda masuk dalam zona Merah penularan Covid-19.Secara resmi sudah mulai beroperasi.

Di katakan Plt  dinas kesehatan Kota Samarinda, dr.H. Ismid Kusasih, Alat ini  juga  mampu melakukan Test terhadap 300 specimen per hari sehingga mampu meningkatkan Pemeriksaan kepada masyarakat Kota Samarinda. Dan hasilnya langusung di ketahui.

Plt.Dinas Kesehatan Kota Samarinda.dr.H.Ismid Kusasih

Mobil PCR awalnya kata Ismid akan melakukan swab kepada para tenaga kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien  yang terkonfirmasi Covid-19.

Dalam Sambutannya, Walikota Samarinda Syahaari Jaang sangat bersyukur akhirnya Pemkot  Samarinda mempunyai Laboraturium berjalan, yang memiliki 3 alat  Test PCR, dimana kemampuannya untuk membaca hasil swab hanya sampai satu jam, dengan 16 Sampel yang gunanya  untuk mepercepat diagnose Covid-19.

Pemkot Samarinda Juga memiliki Mobile Combat PCR baru, yang mampu mengerjakan 128 spesimen per hari. Dan dalam satu jam pemriksaan test dapat di ketahui oleh Tim Pemeriksa.

Misi Pertama Mobile PCR kata Jaang, akan melakukan Pemeriksaan kepada tim-tim kesehatan di Puskesmas-puskesmas dan Tim Surveilens. Dan Mobil PCR juga akan secara bekala  memberikan pelayanan kepada Masyarakat Kota Samarinda

 Juga di serahkan 4 unit Mobil  ambulance yang di pergunakan  untuk melengkapi oprasional Di Puskesmas Bengkuring, Temindung, Puskesmas Baqa, dan Puskesmas Lok Bahu

Lanjut Jaang dalam sambutan tertulinya, Pembagian 4 ambulance kepada Puskesmas merupakan Komitmen Pemkot untuk meningkatkan Pelayanan Kesehatan  kepada masyarakat Samarinda di Puskesmas.

“ Saya berharap dalam seminggu  Samarinda ada dalam zona orange, semua warga tetap  harus jaga kesehatan, jangan anggap remeh, karena Samarinda sudah terjadi Trasmisi local  ada 577 orang yang melakukan isolasi mandiri non klaster, harus banyak berjemur, gembira. Karena yang membuat gembira diri kita sendiri, ” Ungkap Jaang.

Mobil PCR  dan Ambulans, secara mulai beroperasi, dan akan secara berkala memberikan pelayanan kepada Masyarakat Kota Samarinda, lebih dini di temukan Covid-19. Langsung lakukan isolasi mandiri. Covid-19, banyak yang tidak bergejala, tetap dengan mengikuti protocol kesehatan, wajib menggunakan Masker, selalu mencuci tangan dengan sabun dan menjaga Jarak,  serta mnghindari kerumunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *