Jelang Detik-Detik Akhir Pilkada, Sebanyak 298 Karung Surat Suara Tiba dan Siap Dilipat

Redaksi: 02
Reporter: Samuel

Lensaborneo.id – Tinggal menghitung hari menjelang agenda Pilkada Kota Tepian. Dan dalam rangka mengakomodir total 576.981 Ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang ditambah 2,5 persen surat suara di masing- masing tempat pemungutan suara (TPS), dan 2 ribu surat suara pemilu ulang. Sebanyak 298 Koli (Karung) surat suara telah didatangkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda pada Jumat siang (20/11/2020).

Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat, mengatakan bahwa surat tersebut dicetak di Temprina Media Grafika yang diketahui merupakan salah satu bagian perusahaan percetakan media cetak terbesar di Indonesia yakni Jawa Pos Group.

Berlokasi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Firman panggilan akrabnya, mengatakan bahwa surat tersebut dibuat dan dikemas menggunakan standar protokol kesehatan yang ketat. Tidak boleh disentuh oleh orang lain selain karyawan pabrik pencetaknya.

“Karena berbahan kardus, dan gamungkin disemprot disinfektan, jadi dari percetakan diawasi secara intens,” jelas Firman saat diwawancarai via telepon Jumat malam (20/11/2020).

Ketua KPU Kota Samarinda, Firman Hidayat

Awalnya, surat dibawa via kapal dari Surabaya dan diantar bersamaan dengan surat suara Kota Balikpapan sebelum tiba di gudang yang terletak di tepi jalan Pangeran Suryanata, Kelurahan Bukit Pinang.

Pada Sabtu besok (21/11/2020), sebanyak 600 ribu surat suara akan dilipat bersamaan. Total 80 orang yang dibagi dalam 16 kelompok dan berisikan 5 orang ditargetkan selesai menyelesaikan pelipatan surat suara tersebut dalam waktu 3 hari.

“Mempertimbangkan protokol kesehatan jadi dibagi (dalam beberapa kelompok). Kami optimis surat suara akan steril dan siap digunakan oleh para pemilih untuk menentukan calon pemimpin kota Tepian,” pungkas Firman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *