Diskominfo Kaltim Gelar Pendampingan Pengelola LAPOR WAL!

Kadis Diskominfo di dampingi Ombusman Kaltim Kusharianto

Sumber : Diskominfo  Kaltim // Editor : Redaksi 02

Samarinda,Lensaborneo.id–Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim menggelar pendampingan pengelolaan LAPOR! bagi Kabupaten Kota se-Kalimantan Timur dengan menghadirkan pemateri langsung dari Deputi Pelayanan Publik Kementrian PAN RB yang digelar diruang Tepian II   Kantor Gubernur Kaltim Kamis, (15/04/2021 )

“Mari bersama untuk serius menerapkan pengaduan LAPOR! milik Pemerintah Pusat ini, jika ada aplikasi pengaduan sejenis milik Kabupaten/Kota yang baru sebaiknya tidak perlu lagi diteruskan, namun jika sudah berjalan sebelum 2018 mari diintegrasikan, itupun dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi” kata Kadis Kominfo Muhammad Faisal saat membuka acara mewakili Sekretaris Daerah Prov Kaltim.

 

Dasar hukum pengelolaan pengaduan sudah cukup jelas dan LAPOR WAL! Adalah tagline di Kaltim saja sebenarnya adalah sama dengan SP4N LAPOR! Yang merupakan Aplikasi Umum dan didukung Gubernur Kaltim, jadi kita gunakan satu aplikasi saja yaitu LAPOR! agar tidak rumit dan efisen”, ujarnya.

 

Faisal meminta  bagi yang belum aktif penerapannya untuk segera ditindaklanjuti laporan yang masuk dan bagi yang belum ada Surat Keputusan segera dibuat agar bisa  diberikan akun dan paswordnya.

Hadir dalam acara pembukaan antara lain, Kusharianto, Kepala Perwakilan Ombusaman Kaltim, yang  mengaku sangat mengapresiasi kegiatan pendampingan ini.

“Hasil laporan masyarakat melalui SP4AN Lapor, dapat menjadi rujukan pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan, sebagai salah satu bahan masukan di Musrenbang” ujarnya.

Senada dengan  Faisal dan Kusharianto, Pemateri mewakili Deputi Pelayanan Publik Kementrian PAN RB, Alfian Alfan Gafar mengatakan, masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas, tidak deskriminatif dan sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Pengaduan masyarakat merupakan kesempatan bagi instansi pemerintah untuk melakukan evaluasi dan perbaikan.

“Sarana pengelolaan pengaduan memberikan pemerintah kesempatan untuk dapat memberikan penjelasan, jawaban dan klarifikasi yang layak atas keluhan dari masyarakat untuk mewujudkan Layanan Publlik yang berkualitas dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat”, jelasnya.

Puncak dari kegiatan hari ini, adanya penandatangan Kesepakatan Bersama, di mana peserta rapat bersepakat dalam penerapan pengelolaan LAPOR WAL! di  Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur dengan tujuan meningkatkan pelayanan masyarakat dan pembangunan di Kalimantan Timur.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *