Desa Pela Raih Sejumlah Prestasi hingga Tingkat Nasional. Alimin : Alhamdulillah

Editor : Redaksi 2

Tenggarong,Lensaborneo.id – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela merupakan salah satu kelompok yang aktif memberikan terobosan dalam mengangkat objek wisata yang ada didesanya. Dengan begitu, kelompok ini berhasil meraih sejumlah prestasi, baik tingkat lokal hingga nasional.

Pokdarwis Desa Pela yang dibentuk tahun 2017, saat ini telah banyak memberikan kontribusi yang baik bagi warga yang berada di Desa Pela tersebut. Selain Lingkungan, wisata pun telah menjadi sumber ekonomi baru bagi warga pela hingga saat ini.

Desa pela yang menjadi bagian salah satu desa di Kecamatan Kota Bangun itu kini banyak diminati para wisatawan local maupun luar daerah.

Saat ini Desa Pela kembali meraih anugera peringkat ketiga terbaik se Provinsi Kalimantan Timur.

“Alhamdulillah, saat itu kita meraih peringkat tiga terbaik se-Kalimantan Timur,” ujar Ketua Pokdarwis Desa Pela, Alimin.

Hingga saat ini, Pokdarwis Desa Pela, telah meraih sejumlah prestasi yang gemilang. Prestasi pertama Pokdarwis Desa Pela diraih pada tahun 2018. Pada saat itu usia Pokdarwis baru 9 bulan dibentuk, namun sudah ditunjuk oleh Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) untuk mewakili Kukar dalam lomba Pokdarwis se-Kalimantan Timur (Kaltim).

Kemudian pada tahun 2019 Pokdarwis Desa Pela yang digandeng Poli Teknik Negeri Samarinda (Polnes) meraih juara ke-2 dalam ajang tahunan Kementerian Pariwisata RI, Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA), kategori Pendampingan Desa Wisata Melalui Perguruan Tinggi

“Pada acara puncak kita diumumkan sebagai juara ke-2, itu melalui Polnes,” jelas Alimin.

Selanjutnya pada tahun 2020 Pokdarwis Desa Pela kembali mendapat penghargaan dari Bupati Kukar, sebagai Pokdarwis aktif dalam usaha peningkatan masyarakat di bidang pariwisata.

“Kita juga mewakili Kukar, dalam Rakor Pokdarwis se-Kalimantan Timur, dan kita terpilih menjadi ketua Pokdarwis Provinsi se-Kalimantan Timur,” katanya.*(NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *