Buka Pelatihan Sex, Ini Pesan Kepala Dinas Kesehatan Kaltim

SAMARINDA,LENSABORNEO.ID  – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim dr Padilah Mante Runa MSi membuka pelatihan yang digagas UPTD Laboratorium Kesehatan (Labkes) Dinas Kesehatan Kaltim, di Grand Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Minggu (13/6).

Pelatihan Service Excellence , di Grand Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Minggu (13/06/2021 )

Pelatihan yang digelar adalah pelatihan Sex alias Service Excellence atau layanan prima, untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan UPTD Labkes Provinsi Kaltim. Saat membuka pelatihan tersebut, dr Padilah mengingatkan agar di lingkungan UPTD Labkes Dinkes Kaltim, menerapkan rumus 2-2-7.

“ Tarik bibirnya ke kanan 2 senti, kiri 2 senti, tahan 7 detik. Inilah senyum untuk memberikan pelayanan terbaik,” kata dr Padilah.

Dalam pelatihan yang diikuti lebih dari 75 orang ini, dr Padilah sempat mengenang momen 2008 ketika dirinya pertama kali pernah ditugaskan sebagai kepala UPTD Labkes Dinkes Kaltim ini. “Pertama kali saya masuk UPTD Labkes, kondisinya seperti masuk kandang. Sangat kumuh,” kenangnya.

Ia tidak menyangka jika itu adalah kondisi instansi yang berhubungan dengan kesehatan. “Instansi ini menjual jasa, tapi tidak tergambar memberikan pelayanan dengan baik. Bagaimana orang mau memeriksakan darah ke sini,” katanya.

Disebutkan, pegawai UPTD Labkes adalah pelayan, bukan dilayani. “Harus sejajar dengan pelanggan,” katanya. Setelah dirombak, kini semakin banyak pelanggan yang datang untuk memeriksakan kesehatannya di UPTD ini.

“Kompetitor semakin banyak. Laboratorium kesehatan swasta terus bertambah. UPTD ini harus jauh lebih berkualitas dan profesional. Kalau sampai orang tidak puas, artinya layanan di sini tidak bermutu,” ujarnya.

Diakui, tingkat kepuasan pelanggan berbeda-beda. Namun, agar pelanggan puas, yang paling utama harus meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat.

“Ini yang selalu saya tanamkan sejak dulu. Mari memberikan pelayanan prima. Sebab awal mula orang sehat, ditentukan pada saat kontak pertama kita dengan pasien. Jika orang tahu UPTD Labkes bermutu, orang akan cepat sehat,” bebernya.

Terakhir, ia berharap, jika semakin banyak masyarakat datang ke UPTD Labkes, maka akan semakin sejahtera juga para pegawai di UPTD Labkes.

Sementara itu, Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kaltim Agus Joko Praptomo berharap, dengan pelatihan bekerja sama dengan PT Semesta Academy ini bisa meningkatkan pelayanan di UPTD Labkes yang dipimpinnya.

“Kami berharap bisa terus meningkatkan pelayanan secara PRIMA. Profesional, Ramah, Inovatif, Murah dan Aman,” tegasnya. Sehingga diharapkan setiap pegawai di lingkungan UPTD Labkes bisa semakin ramah dalam melayani dan menjadi pribadi solutif.

“Mudah-mudahan bisa menjadi semakin baik,” harapnya.

Sebelumnya, Maryono, panitia Pelatihan Service Excellence juga berharap agar keluarga besar UPTD Labkes Dinkes Kaltim ini tetap sehat, bahagia dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

Dua orang yang dihadirkan dalam pelatihan ini adalah I Made Kertayasa  dan Endro S. Efendi. Keduanya adalah pendiri sekaligus trainer di PT Semesta Academy. (Ef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *