“Fakultas Hukum  Unmul Sukses Gelar Webinar Strategi Menulis Jurnal”

Editor  : Redaksi 02

Samarinda,lensaborneo.id—Dalam rangka meningkatkan publikasi bagi dosen, peneliti, juga mahasiswa jenjang sarjana, pasca sarjana, hingga doktor yang memiliki kewajiban untuk mempublikasikan karya ilmiah dalam bentuk jurnal. Mulawarman Law Review (Mulrev) dan Program Magister Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, Samarinda mengadakan webinar dengan tema Strategi Menulis Artikel pada Jurnal Bereputasi pada Sabtu, 25 Juli 2020 pkl 10.00 WITA. Kegiatan ini diikuti oleh 300 peserta yang berasal dari kalangan dosen, peneliti, dan mahasiswa sarjana serta pasca sarjana se-Indonesia melalui aplikasi zoom.antara lain dari Aceh, Banjarmasin, Makassar, Semarang, Bandung, hingga Sorong.

Peserta yang telah mengikuti webinar ini juga diharapkan untuk dapat meningkatkan kualitas artikel yang ditulis sehingga nantinya, dapat dipublikasikan pada jurnal yang sudah terakreditasi nasional, maupun jurnal internasional bereputasi.

 

Webinar yg menghadirkan Assesor Jurnal Kemenristek-BRIN, Prof. Dr. Irwansyah, S.H.,M.H. berlangsung selama tiga jam dengan sesi materi dan diskusi. Peserta sangat antusias memenuhi kolom pertanyaan dan sesi diskusi interaktif selama webinar berlangsung.

Dalam sambutannya, Dekan FH Unmul, Dr. Mahendra Putra Kurnia,M.H., mengatakan bahwa lahirnya Mulrev merupakan prestasi bagi FH Unmul sehingga memberikan apresiasi kepada seluruh civitas FH Unmul, Tim Pengelola Jurnal Mulrev, serta terkhusus kepada Prof. Irwansyah yang senantiasa memberikan dorongan dan bimbingan kepada Mulrev. Turut hadir memberi sambutan Dr. Haris Retno sebagai Editor in Chief Mulrev.

Narasumber webinar, Prof. Irwansyah yang juga merupakan Pembina Asosiasi Pengelola Jurnal Hukum Indonesia (APJHI), menyampaikan bahwa pengelolaan dan pengembangan tata kelola jurnal tentu harus didukung dengan artikel yang semakin berkualitas agar kemajuan dalam ilmu pengetahuan terus berkembang pesat. Dalam pemaparannya beliau banyak mengulas strategi menulis dan topik terkini yang dapat ditulis oleh para peserta agar artikel selalu memiliki novelty atau kebaruan sehingga dapat menembus jurnal bereputasi.

Orin Gusta Andini, ketua penyelenggara sekaligus Managing Editor Mulrev, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat diminati oleh kalangan dosen, peneliti, mahasiswa, hingga instansi pemerintah.

Hal ini dapat dilihat dari publikasi kegiatan yang dilakukan dalam kurun waktu tiga hari saja pendaftar melebihi kuota karena mencapai 456 orang. Peserta yang tidak dapat bergabung di dalam link zoom, bahkan difasilitasi melalui streaming facebook FH Unmul. “Tidak ada pungutan biaya bagi peserta, semua dilakukan agar dapat memberikan kemanfaatan yg sebesar-besarnya bagi perkembangan publikasi jurnal, baik bagi dosen, peneliti, dan para mahasiswa,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *